Jumat, 27 Mei 2011

Menguji Koneksi Internet

Terkadang koneksi internet yang kita gunakan tidak selalu lancar atau kompueter tidak bisa teerkoneksi dengan internet mengalami kegagalan koneksi, kita bisa mengecek koneksi internetnya melaluui tahapan berikut :
A. Lakukan PING ke IP Address komputer, jika gagal berarti kerusakan pada seting jaringan komputer atau kerusakan pada LAN card. Jika lancar lakukan tahapan berikutnya.
B. Lakukan PING ke IP Address komputer lain dalam satu jaringan yang lancar koneksi internetnya. Jika gagal kemungkinan pada kabel UTP-Cat5 komputer ke terminal kabel mengalami gangguan, cek kondisi kabel yang menancap pada port jaringan. Abaikan ini bila komputer yang terkoneksi internet hanya 1 saja. Jikan lancar lakukan tahapan berikutnya.
C. Lakukan PING ke IP Address Gateway. Bila gagal kemungkinan perangkat gateway mengalami kerusakan atau mati. Cek perangkat yang menjadi gateway internet. Perangkat gateway adalah perangkat yang menjadi sumber koneksi internet ke komputer atau jaringan. Perangkat ini bisa berupa modem atau komputer server gateway. Jika lancar lanjutkan ke tahapan berikutnya.
D. Lakukan PING ke IP Address DNS. Bila gagal kemungkinan media koneksi data yang digunakan untuk menghubungkan internet ke ISP mengalami gangguan. Hubungi teknisi ISP untuk lakukan perbaikan.

0 komentar:

Posting Komentar